LEBIH JAUH TENTANG GOOGLE SQUARED

24 January 2010

Salah satu budaya organisasi di Google Inc adalah menyisakan waktu kerja mereka sebesar 20% per hari untuk bereksperimen. Temuan dan terobosan Google yang kita nikmati sekarang merupakan buah hasil dari kebiasaan atau kebudayaan ini. Sebut saja Google Adsense, Google News, Orkut (situs jejaring social Google) dan lain-lain. Lalu eksperimen dan percobaan mereka tetap berlanjut hingga sekarang. Eksperimen yang akan saya utarakan di sini masih berhubungan dengan pencarian. Hanya saja tampilan yang akan ditemukan sedikit berbeda. Anda akan dibawa ke dalam hasil yang terkotak-kotak dengan garis. Bagaimana bentuknya? Silahkan cek sendiri di bawah dan berikan suara untuk Google jika Anda mau.

Tampilan di atas merupakan halaman muka Google Squared. Di bawah kotak pencari tersebut ada beberapa kategori yang sudah disiapkan untuk mempermudah kita. Tapi kuat dugaan saya, bahwa apa yang ada di situ adalah perusahaan yang telah bekerja sama dengan Google dalam pengembangan Google Squared.

Nah, namanya saja Squared, tentu saja ada kotak-kotaknya. Itulah tampilan kotak-kotak yang saya maksud. Pendapat saya tentang ini adalah cukup membantu saya. Jadi ketika saya mencoba mengetikan Basket Ball Player di kotak pencarian. Lalu hasil yang ditampilkan dibatasi garis, sehingga saya bisa lebih focus terhadap apa yang saya cari.

Tapi sedikit yang saya garisbawahi, pada saat saya mengetikan kata sepak bola yang muncul adalah perusahaan tentang FIFA. Dalam bahasa inggris tentunya. Jadi bisa disimpulkan bahwa Eksperimen ini masih belum mendukung bahasa lokal, terutama Indonesia.

Coba deh Anda cek ke TKP di http://googlelabs.com

Kalau berkenan kasi Voting/ suara Anda, sehingga Anda turut membantu kecanggihan teknologi saat ini.

Leave a Reply

