ENTREPRENEUR DAN OTAK KANAN

30 December 2009

“Para wirausahawan yang berhasil kebanyakan tidak mengandalkan modal uang yang besar, tetapi lebih mengandalkan kerja keras, kreativitas, keberanian, disiplin, dan modal intelektual serta kecerdasan emosional lainnya. Di samping itu wirausaha yang berhasil biasanya mampu menciptakan keunggulan bersaing melalui kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Create the new and different), mampu melihat masalah sebagai peluang, memilih usaha sesuai hobi dan minat, senang mencoba hal baru, dan selalu bangkit dari kegagalan. Sikap-sikap dasar kewirausahaan di kalangan generasi muda perlu dipupuk agar dapat meemcahkan permasalahan tanpa menunggu uluran tangan orang lain. Banyak bidang usaha yang dapat digeluti seperti : bidang jasa, bidang pertanian, bidang holtikultura, bidang industri lainnya, dan bidang lainnya.”

Paragraf di atas merupakan rangkuman dari seluruh pendapat seorang dosen Ekonomi FIS UNNES (sekarang menjadi UNS), yaitu DRS. Wahyono, M.M. Ya, untuk menjadi seorang entrepreneur atau seorang pengusaha yang sukses hal-hal di atas merupakan jawabannya. Lalu di antara kata-kata tersebut ada yang saya garis bawahi. Mengapa? Karena menurut saya KERJA KERAS itu sangat penting. Tanpa dia hanya rasa malas yang akan kita dapat. KREATIVITAS itu juga penting, karena dia berhubungan dengan otak kanan dan dengan dia maka kita dapat menciptakan usaha-usaha yang unik dan berbeda daripada yang lain. KEBERANIAN jauh-jauh lebih penting, tanpa dia usaha tidak akan berjalan. Bagaimana kita akan berhasil kalau kita saja tidak berani untuk memulai berwirausaha?

Oke, tapi saya tidak mengesampingkan disiplin dan kecerdasan emosi lainnya, Itu juga hal yang penting. Karena semua hal di atas berkesinambungan dan membentuk jalinan ikatan satu sama lain. Tapi dalam kesempatan kali ini saya ingin membahas lebih lanjut ketiga hal di atas yaitu KERJA KERAS, KREATIVITAS, dan KEBERANIAN. Tahukah Anda, bahwa keberhasilan dan kesuksesan seoarang wirausahawan itu biasanya ditentukan dari otak kanan. Nah, ketiga hal tersebut erat kaitannya dengan otak kanan. Bagaimana bisa? Apakah benar otak kanan saja yang menentukan keberhasilan seoarang wirausahawan?

Saya mencoba paparkan uneg-uneg saya selama ini. Untuk menjadi seoarang Entrepreneur yang sukses tidak harus selesai kuliah ataupun memiliki nilai yang bagus. Bahkan mempunyai nilai yang bagus, biasanya hanya akan menjadi karyawan. Tapi bukan berarti kita harus meninggalkan bangku kuliah dan mempunyai nilai E di setiap mata kuliah. BUKAN.

Tapi dalam dunia wirausaha kita dituntut untuk melakukan action atau tindakan. Oleh karena itu kita seyogyanya mengembangkan dan menggunakan otak kanan ketika terjun di dunia wirausaha. Kita bandingkan dengan otak kiri, kecenderungan orang yang memakai otak kiri dalam berwirausaha akan selalu banyak pertimbangan. Linier, logis dan rasional. Bahasa gampangnya terlalu banyak pertimbangan. Alhasil, usaha pun tidak jadi dibuka. So, gunakan otak kanan bro. Setiap usaha yang akan kita lakukan, harus segera diambil tindakannya. Untuk membuat sebuah usaha mandiri tidak perlu menunggu semua fasilitas lengkap. Tapi, bisa sambil jalan.

Saat ini pun saya sedang merintis sebuah usaha. Doakan saja saya berhasil.😀

Tambahan dari para pengusaha yang sukses, mereka mengatakan hal yang cukup mengagetkan saya. Ingat baik-baik ya.

“HEMAT sedekah pangkal MISKIN, BOROS sedekah pangkal KAYA“

Believe it or not, Tuhan akan mengganti 10 kali lipat dari yang kita sedekahkan. Coba saja guys, saya mencoba melakukannya juga.

Untuk sementara itu dulu ya, besok lagi akan saya sambung mengenai langkah konkret untuk menjadi Entrepreneur. Mari kita belajar bersama hingga mencapai tingkat kesuksesan yang. J

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: