FIELD REPORT: “Hot PEMIRA 2009 in KAMPUS BIRU”

26 December 2009

Bagi anak-anak kampus biru tentunya beberapa hari yang lalu masih ingat dengan perhelatan akbar di kampus kita. Yap, pemilihan raya mahasiswa atau disingkat dengan PEMIRA. Acara ini dilaksanakan untuk memilih Presiden Mahasiswa (PresMa) BEM KM UGM (Badan Eksekuif Mahasiswa) Nah, kebetulan penulis menjadi salah satu panitia dalam acara tersebut. Namun penulis hanya menjadi panitia di Fakultas bukan di pusat. Meskipun hanya sebagai panitia di fakultas, tapi penulis akan mengungkap juga apa-apa yang telah terjadi di kepanitiaan pusat. Oh ya, sebelum lanjut, kepanitian PEMIRA disebut KPRM (Komisi Pemilihan Raya Mahasaiswa). Ada dua KPRM, KPRM Pusat mengatur jalannya semua PEMIRA di universitas. Lalu KPRM Fakultas, ya tentu saja mengatur Fakultas masing-masing.

Lanjut, ke dalam laporan!

Saya akan menceritakan dahulu mengenai PEMIRA yang terjadi di Fakultas saya, Ehm.. secara keseluruhan, sejak pendaftaran hingga perhitungan suara tidak terjadi masalah yang cukup berarti. Hanya saja, jumlah pemilih yang sekarang turun daripada tahun lalu. Kalau di Psikologi sendiri PEMIRA digunakan untuk memilih LM 1 (Ketua Lembaga Mahasiswa). Psikologi itu tidak mempunyai BEM, DEMA, atau LEM tapi hanya LM. Selanjutnya ucapan selamat saya berikan kepada JOKO SUSENO sebagai LM 1 yang berhasil mengumpulkan suara 144, disusul dengan Taqim (142) dan Fajarudin (108).

Dari sekian pemilih ada yang tidak syah, yaitu 44 suara (haduh cukup banyak juga), lalu abstain 4 suara.

Ada beberapa koreksi mengenai pelaksanaan PEMIRA di Fakultas saya tersebut, pertama Kurangnya koordinasi di KPRM membuat beberapa acara menjadi mundur,disertai beberapa konflik internal di dalamnya. Kedua, Penurunan jumlah suara yang cukup banyak perlu dibenahi lagi, agar mahasiswa mengerti akan pentingnya memilih untuk kemajuan kampusnya. Ketiga, Pada pelaksanaan PEMIRA ada beberapa jam yang kosong sehingga kita mesti menutup TPS (Tempat Pemungutan Suara) sementara. Keempa,saya sendiri sebagai ketua panitia juga menganaktirikan acara ini, sehingga saya tidak maksimal dalam menanganinya. Dan akibat yang terjadi banyaknya celah untuk berbagai kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak terjadi.

Itu tadi sedikit koreksi yang mungkin untuk membuat PEMIRA tahun depan menjadi lebih lancar. Pandangan di atas dari saya pribadi, mungkin masih perlu perbaikan juga pendapat saya. Hehe

Nah,

Mau tahu yang lebih seru?

Bahkan saya sempat mendengar secara langsung dari Ketua KPRM Pusat, bahwa dia sendiri sampai harus dirawat di rumah sakit karena stres!

Apa sih yang sebenarnya terjadi?

Pada tanggal 15, 16 dan 17 Desember 2009 dilaksanakan Pemilihan Raya Mahasiswa di Universitas Gadjah Mada. Pemilihan dilakukan dengan pencontrengan! Memilih DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa, semacam DPR) dan Presiden Mahasiswa. Di Fakultas saya sendiri sih, tidak terlalu banyak keributan atau kerusuhan yang terjadi. Hanya saja ternyata di Fakultas saya sendiri terjadi kecurangan, padahal ketika di TPS sepertinya tidak terjadi apa-apa.

Ehm…..

Mau mulai dari mana ya?!

Oke, saya ceritakan lebih detailnya. Pada hari kampanye, ada beberapa atribut Partai yang dirusak. Meskipun di Fakultas saya tidak terlalu ramai dibicarakan ternyata di fakultas-fakultas lain sangat HOT malah.ckckc

Lalu, penggelembungan suara ketika PEMIRA! Wah ini yang saya tidak terima. Saya bukan orang dari partai, saya hanya orang yang tidak suka ketidakjujuran. Sebenarnya juga tidak jadi masalah juga bagi saya mau ada kecurangan atau tidak. Tapi jika dibiarkan terus maka lama kelamaan ini akan menggerogoti moral kita.

Ingat, kita mahasiswa penerus kepemimpinan selanjutnya. Kalau hari ini mahasiswa sudah bisa berbuat sperti ini, apa yangterjadi kelak ketika kita memimpin Bangsa ini dalam pemerintahan? Patut untuk kita pikirkan!

Beberapa koreksi pun patut untuk dipertimbangkan dalam pelaksanaan PEMIRA pusat. Pada hari pertama, pengiriman logistik telat hingga jam 13.00 padahal seharusnya dimulai pukul 09.00.

Sebenarnya saya ingin berkata lebih banyak lagi, tapi saya lanjutkan lain kali.😀

One Response to “FIELD REPORT: “Hot PEMIRA 2009 in KAMPUS BIRU””

  1. tian said

    wah, bingung ya sob?

Leave a Reply

