FIRST EXPERIENCE ON eBay

20 December 2009

Oke guys,

Akhirnya setelah sekian lama vakum dari dunia perBLOGERan beberapa bulan, diriku kembali berGAIRAH dan berSEMANGAT menggelutinya lagi. Terima kasih saya ucapkan pada teman saya Galih. Dia telah membuka mata saya tentang PELUANG di dunia maya. Apa itu? Sepertinya dari judul di atas tentunya kita sudah tahu semua,

Ya, itu adalah eBay. Sebuah situs lelang online terbesar di dunia. Bayangkan saja, tercatat 241 juta (kurang lebih) pengguna situs lelang tersebut. Ehm, sebelum lanjut ke apa itu eBay, cara kerja eBay dan sebagai macamnya. Saya teringat percakapan saya dengan teman saya itu.

Galih   : “ Am, maw HP murah ga? Or IPOD 32 GB Cuma USD 17? ”

Aam    : “YA, maw lah cuy!! Dimana belinya? ”

Glih     : “di eBay! Ni peluang bisnis besar nih! Harga aslinya kalo masuk ke Indonesia apalagi di Jogja, wah gak ketulungan mahalnya.”

Aam    : “YOa cuy…n bla..bla..blaaa”

Yang jelas lanjutannya saya lupa, hehe J

Dari percakapan saya di atas tentunya kita akan membuka mata dengan lebar-lebar dan ayo mulai bergerak saat ini. Itulah yang saya lakukan saat ini. Saya sedang melakukan persiapan-persiapan menuju ke arah menjual barang di eBay! Saya akan melaporkan semua hasil dan keuntungan di blog ini kelak. Jadi teman-teman mohon bantuannya, mohon doanya juga. J

eBay? Apakah itu?

eBay adalah ajang pasar online dunia – tempat bagi pembeli dan penjual berhimpun dan berdagang apa saja. Diluncurkan tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay telah berkembang menjadi ajang pasar tempat Anda dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang koleksi dan mobil.

Dengan daftar barang sebanyak 103,6 juta di seluruh dunia dan penambahan daftar barang sebanyak 6,1 juta yang dilakukan setiap hari, eBay menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan menjual di seluruh dunia. [1]

Wauu,,ini kesempatan yang bagus bukan?! Masih ada fakta lain tentang dunia maya ini. Let’s Check it Out.

Ebay.com adalah pusat jual-beli dan lelang barang atau jasa online terbesar didunia, semua orang dari seluruh dunia dapat membeli atau menjual di ebay, karena banyaknya pengguna ebay sebanyak 200 juta orang pada juni 2006 (sama dengan populasi negara terbesar kelima didunia setelah indonesia 220 juta orang). Sekarang sudah mencapai 241 juta pengguna .

anda dapat menemukan hampir barang atau jasa apapun di ebay seperti :

– Barang antik (Antiques)

– Karya seni (Art)

– Perlengkapan bayi (Baby)

– Buku (Books)

– Bisnis dan Indrustri (Business & Industrial)

– Kamera dan Pohto (Cameras & Photo)

– Mobil, perahu, kendaraan dan spare part (Cars, Boats, Vehicles & Parts)

– Handphone dan PDA (Cell Phones & PDAs)

– Pakaian, sepatu dan aksesoris (Clothing, Shoes & Accessories)

– Koin dan uang kertas (Coins & Paper Money)

– Koleksi (Collectibles)

– Komputer dan jaringan (Computers & Networking)

– Elektronik konsumen (Consumer Electronics)

– Kapal kecil (Crafts)

– Boneka (Dolls & Bears)

– DVD dan Film (DVDs & Movies)

– Kenangan hiburan (Entertainment Memorabilia)

– Kado (Gift Certificates)

– Kesehatan dan kecantikan (Health & Beauty)

– Rumah dan kebun (Home & Garden)

– Perhiasan dan jam tangan (Jewelry & Watches)

– Musik (Music)

– Alat musik (Musical Instruments)

– Barang pecah belah dan gelas (Pottery & Glass)

– Perumahan (Real Estate)

– Servis khusus suatu bidang (Specialty Services)

– Barang olahraga (Sporting Goods)

– Kenangan olahraga, kartu olahraga, toko fans (Sports Mem, Cards & Fan Shop)

– Perangko (Stamps)

– Tiket (Tickets)

– Mainan dan hobi (Toys & Hobbies)

– Perjalanan (Travel)

– Video Games

– Apa saja (Everything Else) [2]

Lantas bagaimana cara kerjanya?

Di artikel lain akan saya coba utarakan semua yang saya ketahui. Karena saat ini saya baru akan menjual barang di sana. Saya ingin membeli barang dulu di eBay. Sehingga saya tahu betul dan telah merasakannya.

Oh ya, hampir kelupaan, bahwa alat pembayaran utama di eBay adalah PAYPAL. Apa itu Paypal. Kita bahas di artikel selanjutnya Ya,

Leave a Reply

