SEJARAH PERKEMBANGAN YAHOO!

17 January 2010

Rasanya, bagi para penjelajah dunia maya seyogyanya tahu apa itu YAHOO! Ya, dia adalah sebuah portal yang multifungsi. Lantas, apakah yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata YAHOO? Ijinkan saya jawab sedikit, mungkin Raksasa internet, atau situs portal terbesar di dunia. Tapi apapun itu, mungkin Anda sepakat dengan saya bahwa situs ini sudah mengubah gaya hidup para Netter.

Mari kita Flashback dan melihat bagaimana wajah Yahoo ketika masih bayi. J

Sebelum kita memasuki masa-masa awal saat Yahoo junior baru seumur jagung, tidak ada salahnya kita melihat tampilan situs Yahoo pada masa itu. Anda bisa melihatnya di http://web.archive.org/web/*/http://www.yahoo.com

Sudahkah Anda melihatnya? Bandingkan dengan tampilan yang sekarang! Nah, sekarang tiba saatnya untuk mengetahui bagaimanakah portal ini lahir. Untuk memudahkan penelusuran sejarahnya, saya akan membuat dalam sub bab. So, Let’s check it out!

Iseng-Iseng 2 Mahasiswa Standford

Siapa sih yang tidak kenal Yahoo?Anda pasti tahu itu! Tapi siapa sih orang yang berjasa besar dalam sejarah Yahoo? Mungkin, Anda masih belum tahu atau kalaupun tahu hanya sedikit. Oke, Mereka adalah David Filo dan Jerry Yang. Pada bulan April tahun 1994 mereka mempunyai pekerjaan (baca: iseng) membuat daftar nama dan alamat situs yang mereka temukan di dunia maya (Bookmark). Saat itu mereka adalah Calon kandidat penerima gelar Doktor (Ph.D). Hal-hal iseng tadi mereka lakukan untuk mengisi waktu luang mereka karena ditinggal cuti oleh profesror mereka.

Karena semakin banyak daftar nama situs yang mereka kumpulkan akhirnya mereka membagi dalam kategori dan sub kategori. Lalu munculah sebuah gagasan dasar dan cikal bakal Yahoo, yaitu: Web site dimulai sebagai “Jerry’s Guide to the World Wide Web”.

Lalu nama tersebut diganti menjadi Yahoo. Yahoo merupakan sebuah singkatan “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Namun sebenarnya nama Yahoo memiliki arti lain, yaitu kuno atau primitive. Pengambilan nama ini terinspirasi oleh novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Sedangkan untuk URL-nya sendiri diberi nama akebono.stanford.edu/yahoo (Jerry Yang) dan konishiki.stanford.edu/yahoo (David Filo). Nah, untuk nama jepang tersebut, mereka adalah nama pesumo legendaries Jepang. Setelah mendapat suntikan dana $ 2 juta dari berbagai kapitalis Amerika seperti Silicon Valey pada Maret 1995 Yahoo sudah siap memasuki era komersilnya.

2 Tahun Setelahnya

Kini Yahoo sudah mulai masuk ke tahap yang benar-benar komersil dan kompetitif. Pada tahun 1997 portal ini berlomba-lomba dengan portal dan direktori situs lainnya seperti Lycos, MSN, Excite dan lain-lain untuk menarik mangsa pasarnya supaya betah berkam-jam nongkrong di portal masing-masing. Karena tak mau kalah, Yahoo memberikan bebagai layanan tambahan berupa games dan mail. Dan satu produk andalan Yahoo yang paling diminati hingga saat ini adalah Yahoo Messenger di tahun 1999. Selain itu Yahoo juga Go Internasional dengan menyediakan 42 bahasa termasuk bahasa persatuan kita, bahasa Indonesia. J

Masa Keemasan

Kapankah masa-masa emas portal ini? Apa sajakah yang telah di raihnya? Masa keemasan ini terjadi pada tahun 2000. Masa ini disebut sebagai peristiwa Dot-com Bubble. Pada waktu harga saham Yahoo mencapai USD118,75 per lembar saham (tertinggi selama Yahoo berdiri). Ada peristiwa menarik pada masa itu, tercatat pada tanggal 7 Februari 2000, Yahoo mengalami Hang selama beberapa jam karena ulah para Hacker. But, saham Yahoo malah naik 4,5 % persen. Lalu pada tahun ini pula, Yahoo memulai kerja sama dengan Google. Sebelum akhirnya menajadi saingan seperi sekarang. Kontrak kerja sama tersebut mengenai pemasangan mesin pencari Google di Yahoo.

Jatuh Bangun

Paska terjadinya Dot Com Bubble, lebih tepatnya pada tahun 2001 Yahoo pernah mempunyai harga saham hanya $ 4,06 per lembar (terendah dalam sejaah Yahoo). Dengan berbagai usaha, pada tahun 2002 Yahoo mulai mengembangkan berbagai layanan tambahan. Bermodalkan kerja sama dengan Inktomi Yahoo mengembangkan teknologi mesin pencarinya. Tahun berikutnya si raksasa ini belum pusa, ia membeli Konfabulator lalu mengganti namanya menjadi Yahoo Widget. Setelah merasa kuat, maka Yahoo memutus hubungan dengan Google, inilah cikal bakal persaingan di antara mereka berdua. Hal ini terjadi pada 18 Februari 2004. Setelah peristiwa ini berbagai fitur dari kedua belah pihak saling bermunculan, mulai dari email gratisan yang diluncurkan Google dengan kapasitas besar. Hal ini langsung dibalas dengan Yahoo dengan menambah kuota email sampai tak terbatas. Lalu berbagai macam fitur dan aplikasi lain yang mereka luncurkan. Persaingan mereka akan kita bahas lebih lanjut secara spesifik di konten.

Yahoo! Today

Saat ini Yahoo bukanlah yang wakhid. Bukan nomor satu secara urutan rangking alexa. Tapi berbagai layanan yang diberikan Yahoo sangat lengkap (menurut hemat penulis). Bagaimana tidak, Portal ini adalah brand dalam dunia maya pertama yang dapat menjangkau audiens paling besar, walaupun akhirnya harus tergeser dengan google bahkan Faecbook. Berbagai jasa mulai dari toko hosting, manajemen, audio dan video streaming, berita dan termasuk 25 properti yang mendunia ditawarkan oleh om Yahoo ini. Sebagai tambahan dan penutup perusahaan ini berkantor pusat di Sunnyvale, California, USA. Tak kalah pentingnya Yahoo juga memiliki kantor di Asia, Australia, Kanada, Amerika selatan (Latin) dan tentunya Eropa.

2 Responses to “SEJARAH PERKEMBANGAN YAHOO!”

  1. Thank you for the help.
    Great Audio info, i’m bookmarking the page for the great content.

  2. [...] : http://aminamsyah.wordpress.com/2010/01/17/sejarah-perkembangan-yahoo/ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this post. [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: